Rabu, 06 Juni 2012

Hasil Survey: Pengaruh Kuliah Pagi Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa

Hasil Survey: Pengaruh Kuliah Pagi Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa


Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan, saya membuat survey mengenai pengaruh kuliah pagi terhadap proses pembelajaran mahasiswa. Survey ini terdiri atas tujuh pertanyaan yang telah diisi oleh sebanyak lima puluh delapan responden yang terdiri dari mahasiswa Psikologi USU yang mengikuti mata kuliah Psikologi Pendidikan. Berikut adalah data hasil survey tersebut:



Saya merasa semangat setiap akan masuk kuliah pagi
 Setuju  37 

 61.67% 
 Tidak Setuju  23 

 38.33% 



Saya merasa kesulitan untuk bangun pagi
 Setuju  36 

 61.02% 
 Tidak setuju  23 

 38.98% 



Saya jarang terlambat setiap masuk kuliah pagi
 Setuju  40 

 67.80% 
 Tidak Setuju  19 

 32.20% 

 

Jarak tempat tinggal ke kampus menjadi kendala bagi saya setiap masuk kuliah pagi
 Setuju  18 

 31.03% 
 Tidak Setuju  40 

 68.97% 

 

Saya lebih mudah menangkap pelajaran di kuliah pagi dibandingkan kuliah siang
 Setuju  48 

 81.36% 
 Tidak Setuju  11 

 18.64% 

 

Saya lebih mudah berkonsentrasi di pagi hari
 Setuju  51 

 86.44% 
 Tidak setuju  8 

 13.56% 

 

Saya merasa kuliah pagi lebih baik dibandingkan kuliah siang
 Setuju  45 

 77.59% 
 Tidak Setuju  13 

 22.41% 


Dari hasil survey di atas, dapat saya simpulkan bahwa mahasiswa cenderung menyukai masuk kuliah pagi dibandingkan kuliah siang. Mahasiswa juga lebih bersemangat dan lebih dapat berkonsentrasi dalam menerima pelajaran di pagi hari. Tetapi, sulit bangun pagi menjadi masalah utama bagi mahasiswa untuk masuk kuliah pagi. Jarak tempat tinggal ke kampus bukanlah masalah utama bagi mahasiswa untuk masuk kuliah pagi.

Testimoni pribadi:
Sebelumnya saya sangat bingung dalam pengerjaan survey online ini karena pada saat diajarkan tentang survey online ini pada mata kuliah Psikologi Pendidikan saya tidak hadir pada hari itu. Akhirnya saya meminta bantuan dari teman-teman untuk membantu saya dalam membuat survey. Partisipasi teman_teman yang alin yang bersedia mengisi survey saya sangat membantu dalam pengerjaan tugas ini. Saya sangat menikmati proses pengerjaan survey ini dan meruapakan pengalaman pertama saya membuat survey online seperti ini. Menurut saya sangat menarik dan menambah pengetahuan.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar