Selasa, 24 April 2012

Tugas Kelompok - Ubiquitos

Kelompok 5
Mentari Br Purba (11-028)


.
1.    Persingungan antara Teknologi dan Pendidikan
Teknologi berkembang pesat dalam dunia pendidikan. Teknologi mampu menunjang proses belajar mengajar. Para siswa belajar tidak hanya menguasai teori saja tetapi sudah dapat merealisasi virtual teori yang didapatkan. Contohnya, para siswa mengetahui komet Halley melintasi bumi setiap 76 tahun sekali. Berkat peran teknologi siswa dapat melihat bagaimana bentuk komet Halley yang sesungguhnya.

2.    Peran Teknologi Internet dalam Dunia Pendidikan
Menurut pengalaman pendidikan kami,
·         TK :                  Belum mengenal teknologi komputer dan internet.
·         SD :                 Sudah mulai mengenal komputer seperti bermain game, belajar                   menggambar, dan belajar mengetik, namun belum mengenal internet.
·         SMP :             Sudah mulai mengenal komputer dan internet melalui pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan mulai menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari seperti browsing dan menggunakan jejaring sosial.
·         SMA :            Internet mulai ditekankan pada siswa dalam proses belajar mengajar. Internet mempermudah proses belajar mengajar seperti mengirim tugas melalui email dan mencari informasi serta mendaftar ke perguruan tinggi.
Seiring dengan berkembangnya teknologi tentunya kurikulum mengenai teknologi akan berkembang juga.

3.    Ubiquitous Computing menurut Pandangan Kami
Teknologi memiliki peran yang penting dalam pendidikan apabila penggunaannya dapat dimaksimalkan, tentunya dengan tidak disalahgunakan. Menurut kami pada saat ini sedang terjadi masa transisi dari masa realitas virtual menuju masa ubiquitous computing. Ubiquitous komputer akan memaksa komputer/teknologi yang akan eksis di dunia manusia. Ini tampak dimana semakin banyak gadget, handphone, smartphone, yang dapat dimanfaatkan oleh setiap orang untuk belajar. Contohnya, seseorang dapat mengakses internet dari handphone untuk dapat mencari tugas-tugasnya, dimana peran PC telah diganti. Atau contoh lainnya seperti BB yang menyediakan layanan BBM yang memberikan kemudahan agar dapat selalu terhubung dengan orang-orang sekitar.

Tanggapan dari kelompok lain mengenai pandangan kami mengenai ubiquitous computing.
Liandra Khairunnisa
Apa sisi positif dan negatif ubiquitous computing dalam dunia pendidikan?
-          Sisi positif:     kita dapat mengakses informasi dimana saja dengan gadget yang dimiliki seperti handphone, smartphone, tablet, dsb.
-          Sisi negatif:    penyalahgunaan kemudahan mengakses informasi. Contoh, mengakses informasi tentang soal yang sedang diujikan pada saat ujian.
Husna Aritonang
Apakah zaman sekarang masih masa transisi menuju ubiquitous computing atau kita sudah ada pada masa itu?
Pada saat ini di Indonesia belum sepenuhnya pada masa ubiquitous computing. Indonesia pada saat ini sedang dalam tahap realitas virtual menuju ubiquitous computing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar