Kelompok 5
Mentari
Br Purba (11-028)
.
1.
Persingungan antara Teknologi dan
Pendidikan
Teknologi berkembang pesat dalam dunia pendidikan. Teknologi
mampu menunjang proses belajar mengajar. Para siswa belajar tidak hanya
menguasai teori saja tetapi sudah dapat merealisasi virtual teori yang
didapatkan. Contohnya, para siswa mengetahui komet Halley melintasi bumi setiap
76 tahun sekali. Berkat peran teknologi siswa dapat melihat bagaimana bentuk komet
Halley yang sesungguhnya.
2.
Peran Teknologi Internet dalam
Dunia Pendidikan
Menurut pengalaman pendidikan kami,
·
TK
: Belum
mengenal teknologi komputer dan internet.
·
SD
: Sudah
mulai mengenal komputer seperti bermain game, belajar menggambar, dan belajar mengetik, namun
belum mengenal internet.
·
SMP
: Sudah mulai mengenal
komputer dan internet melalui pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi) dan mulai menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari seperti
browsing dan menggunakan jejaring sosial.
·
SMA
: Internet mulai ditekankan
pada siswa dalam proses belajar mengajar. Internet mempermudah proses belajar
mengajar seperti mengirim tugas melalui email dan mencari informasi serta
mendaftar ke perguruan tinggi.
Seiring dengan berkembangnya teknologi tentunya kurikulum
mengenai teknologi akan berkembang juga.
3.
Ubiquitous Computing menurut
Pandangan Kami
Teknologi memiliki peran yang
penting dalam pendidikan apabila penggunaannya dapat dimaksimalkan, tentunya
dengan tidak disalahgunakan. Menurut kami pada saat ini sedang terjadi masa
transisi dari masa realitas virtual menuju masa ubiquitous computing. Ubiquitous
komputer akan memaksa komputer/teknologi yang akan eksis di dunia manusia. Ini tampak
dimana semakin banyak gadget, handphone, smartphone, yang dapat dimanfaatkan
oleh setiap orang untuk belajar. Contohnya, seseorang dapat mengakses internet
dari handphone untuk dapat mencari tugas-tugasnya, dimana peran PC telah
diganti. Atau contoh lainnya seperti BB yang menyediakan layanan BBM yang
memberikan kemudahan agar dapat selalu terhubung dengan orang-orang sekitar.
Tanggapan
dari kelompok lain mengenai pandangan kami mengenai ubiquitous computing.
Liandra
Khairunnisa
Apa sisi
positif dan negatif ubiquitous computing dalam dunia pendidikan?
-
Sisi
positif: kita dapat mengakses informasi
dimana saja dengan gadget yang dimiliki seperti handphone, smartphone, tablet,
dsb.
-
Sisi
negatif: penyalahgunaan kemudahan
mengakses informasi. Contoh, mengakses informasi tentang soal yang sedang
diujikan pada saat ujian.
Husna
Aritonang
Apakah
zaman sekarang masih masa transisi menuju ubiquitous computing atau kita sudah
ada pada masa itu?
Pada saat
ini di Indonesia belum sepenuhnya pada masa ubiquitous computing. Indonesia pada
saat ini sedang dalam tahap realitas virtual menuju ubiquitous computing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar