Mentari Purba (111301028)
Menurut kami,
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) itu sangat penting dalam membangun karakter
anak. Pendidikan yang baik dalam usia ini, dapat menjadi dasar yang baik dalam
perkembangan ke jenjang selanjutnya. Adapun contoh dari pendidikan anak pra-sekolah
itu adalah play group dan taman kanak-kanak.
Berdasarkan
pengalaman kami, pada pendidikan di TK,
kami diajari berbagai hal. Bagaimana caranya bersosialisasi, bermain sambil
belajar, cara mengenal lingkungan, dan norma-norma terhadap masyarakat. Selain itu,
banyak pengalaman yang kami dapatkan di pendidikan TK jika dibandingkan dengan
anak-anak yang langsung menjalani pendidikan Sekolah Dasar (SD). Maka dari itu,
menurut kelompok kami, pendidikan anak usia dini itu merupakan hal yang sangat
perlu diperhatikan demi perkembangan dari anak usia dini.
Berikut
ini pentingnya pendidikan anak usia dini ditinjau dari berbagai segi, seperti
sosial-emosional, kognitif, bahasa, fisik, dan seni. Apa pengaruh hal-hal
tersebut akan sedikit kami paparkan. Semoga
bermanfaat J
SOSIAL EMOSIONAL
Anak mampu membangun interaksi dengan
merespon kehadiran orang lain,Anak mampu berinteraksi dengan lingkungan
terdekatnya (keluarga), dan menunjukkan keinginannya dengan kuat,Anak mampu
berinteraksi dan mengenal dirinya, dan menunjukkan keinginannya dengan kuat
Anak mampu berinteraksi, dapat menunjukkan reaksi emosi yang wajar, serta mulai
menunjukkan rasa percaya diri Anak mampu berinteraksi, mulai dapat
mengendalikan emosinya, mulai menunjukkan rasa percaya diri, serta mulai dapat
menjaga diri sendiri Anak mampu ber- interaksi, dan mulai mematuhi aturan,
dapat mengendalikan emosinya, menunjukkan rasa percaya diri, dan dapat menjaga
diri sendiri.
KOGNITIF
Anak mampu menyadari keberadaan
benda yang tidak dilihatnya,Anak bereksplorasi melalui indera dan motoriknya
terhadap benda yang ada di sekitarnya Anak mampu mengenal benda dan
memanipulasi objek/benda ,Anak mampu mengenal konsep sederhana dan dapat
mengklasifikasi ,Anak mampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana
dalam kehidupan sehari-hari,Anak mampu memahami konsep sederhana dan dapat
memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
BAHASA
Anak mampu merespon suara. Anak
mampu mengerti isyarat dan perkataan orang lain serta mengucapkan keinginannya
secara sederhana,Anak dapat men- dengangarkan, dan ber- komunikasi secara lisan
dengan kalimat sederhana,Anak dapat mendengarkan, berkomunikasi secara lisan
serta memiliki penbenda- haraan kosa kata yang semakin banyak Anak dapat
berkomunikasi secara lisan, memiliki perbenda- haraan kata-kata dan mengenal
simbol-simbol ,Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan
kata, serta mengenal simbol-simbol untuk per- siapan membaca, menulis dan
berhitung
FISIK
Anak mampu menggerakkan tangan,
lengan, kaki, kepaladan badan,Anak mampu menggerakkan anggota tubuhnya dalam
rangka latihan kekuatan otot tangan, otot punggung dan otot kaki untuk menjaga
keseimbangan,Anak mampu melakukan gerakan seluruh anggota tubuhnya secara
terkoordinasi Anak mampu melakukan gerakan secara ter- koordinasi dalam rangka
kelenturan, dan keseimbangan ,Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara ter-
koordinasi dalam rangka kelenturan, kelincahan, dan keseimbangan ,Anak mampu
melakukan gerakan tubuh fisik secara ter- koordinasi kelenturan sebagai
keseimbangan, dan kelincahan
SENI
Anak mampu bereaksi terhadap
irama yang didengarnya ,Anak mampu meniru suara dan gerak secara sederhana Anak
mampu melakukan berbagai gerakan anggota tubuhnya sesuai dengan irama dapat
mengekpresi-kan diri dalam bentuk goresan sederhana,Anak mampu melakukan
berbagai gerakan sesuai irama , menyajikan dan berkarya seni,Anak mampu meng-
ekspresikan diri dengan meng- gunakan berbagai media/bahan dalam berkarya seni
melului kegiatan eksplorasi,Anak mampu meng- ekspresikan diri dan ber- kreasi
dengan berbagai gagasan imajinasi dan menggunakan berbagai media/bahan menjadi
suatu karya seni.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar